Tags

Image

Masih di kantor, sore ini rasanya saya sedikit ngantuk dan letih.

Sedikit bosan, saya berhenti sejenak dari rutinitas di belakang meja kantor saya,

mengambil gelas minum saya yang berwarna hijau cerah, saya pergi ke pantry.

sembari ngomong ngawur sambil lalu saja, saya katakan ke teman saya,

“gue harus banyak minum biar otak gue ga nyangkut”

dan seketika itu juga, saya tertawa kecil sendiri, mengapa saya bisa ngomong seperti itu, dan tiba-tiba di pikiran saya langsung muncul pelampung di laut. it’s unique how brain can work to make a corellation-eventhough it’s not too corellated or not correlated at all– like that.

Saya bayangkan otak saya seperti pelampung itiu, berenang-renang dalam kepala.

 

Critical_Thinking

Dengan lihai jari saya mengklik -klik tab di menu Mozilla Firefox, lalu mengetikkan kata human brain volume dan menyiapkan juga tab yang membuka penjelasan di Wikipedia tentang buoy di Google.

Instead of reading all of the section at the Human Brain at Wikipedia – encyclopedia,

saya lebih tertarik untuk men scroll down halaman Wiki itu ke bawah, dan menemukan fakta yang membuat saya ingin sekali mencatat dan mensharingkannya disini.

The brain consumes up to twenty percent of the energy used by the human body, more than any other organ.

Nah, ini dia penjelasan menurut saya, mengapa kita seringkali cepat merasa lapar ketika tengah fokus seratus persen untuk mengerjakan sesuatu yang membutuhkan pemikiran kita.

[37] Brain metabolism normally relies primarily upon blood glucose as an energy source, but during times of low glucose (such as fasting), the brain will primarily use ketone bodies for fuel with a smaller requirement for glucose. The brain can also utilize lactate during exercise.

Wow, ternyata otak kita dapat memilih sumber energi yang dia dapat gunakan untuk bermetabolisme, sesuai dengan apa yang tengah kita alami seperti saat-saat berpuasa dan berolahraga.

Although the human brain represents only 2% of the body weight, it receives 15% of the cardiac output, 20% of total body oxygen consumption, and 25% of total body glucose utilization.[40] The need to limit body weight in order, for example, to fly, has led to selection for a reduction of brain size in some species, such as bats.[41] The brain mostly uses glucose for energy, and deprivation of glucose, as can happen in hypoglycemia, can result in loss of consciousness. The energy consumption of the brain does not vary greatly over time, but active regions of the cortex consume somewhat more energy than inactive regions: this fact forms the basis for the functional brain imaging methods PET and fMRI.[42] These are nuclear medicine imaging techniques which produce a three-dimensional image of metabolic activity.

Otak kita membutuhkan glukosa, oksigen, dan aliran darah untuk tetap hidup.  Konsumsi glukosa dibutuhkan untuk membuat otak tetap hidup dan bekerja. tubuh butuh air, oleh karena itulah saya, diperintahkan oleh otak, untuk mengambil air minum segera di pantry.

Nah, kalau bagian yang terakhir, sebenarnya tidak ada di wikipedia, hanya mencoba sedikit ilmiah 😀

masih banyak sepertinya fakta tentang human brain yang harusnya dapat disharingkan, namun mengingat bahwa tulisan ini bukan sebuah article science, kini saya senang sekali untuk mengakhiri tulisan ini, dan pergi mencari sedikit penganan di kantor sesuai dengan perintah otak 🙂

 

12062013

